Thursday, February 21, 2019

ACNE PROBLEM (2) - LEPAS KRIM DOKTER

Posted by Desy Ermawati Situmorang at 2:16 AM
                                    ACNE PROBLEM (2) - LEPAS KRIM DOKTER

Well, kemarin gue udah bercerita tentang pencarian dengan dokter kulit yang cocok, kali ini mau bahas cara gue bisa berhenti dari krim-krim dokter.

2017

Di tahun ini gue udah mulai kerja di Cikarang, jadi udah jarang banget kontrol karna jauh di Bandung dan waktunya di jam kerja, solusinya gue beli krim yang sama untuk setiap bulannya tanpa konsul lagi. Gue lakuin hal ini selama setahun and do you know tiap krim udah mau habis gue harus cepet-cepet beli lagi, karna kalo ditinggal aja dua atau tiga hari tanpa krim itu jerawat kecil-kecil mulai muncul :’’

FYI : Sebelumnya gue udah cari cara lain gimana caranya berhenti krim dokter dari jaman gue berhenti cek ke dr.Tony tapi selalu gagal dan ujung-ujungnya balik ke dokter lagi dan cari dokter lain lagi.

Terus gue rajin nonton beauty vlogger gimana cara bebas jerawat dsb, kadang iri pengen bisa kayak orang lain pake makeup tanpa breakout. Selama masa jerawatan gue ga pernah pake make up, paling sesekali aja pas acara tertentu. Dari jaman kuliah udah banyak skincare yang gue coba bisa di cek disini, sampai akhirnya gue kerja dan teracuni buat cobain lebih banyak skin care lain *mentang” udah kerja wkwk

Jadi, dari beberapa sumber yang gue dapat, tips berhenti krim dokter yaitu :
1. Jangan langsung berhenti semua, coba kurangin pemakaian yang tadinya tiap hari jadi 2 hari sekali.
2. Jangan langsung krim malam dan pagi yang berhenti tapi selang seling.
3. Kurangi makeup dan biarin kulit bareface tanpa skincare apapun itu lagi detox ceritanya.
4. Jaga pola hidup, rajin olah raga, jaga makanan, dan jangan stress

Dari empat tips cuma dua yang gue ikutin hahaha

Gue pernah ikutin keempatnya tapi gagal, akhirnya cobalah cara gue sendiri seperti ini :
1. Kuatin mental dan niat !
Pasti kalian udah tau resiko pada umumnya apa kalau mau berhenti, harus terima wajah ga seglowing pakai krim dokter, jadi jangan setengah-setengah karna semua ada proses.

2. Fokus berhenti krim malam dulu
Jadi selama dua bulan gue bener-bener pake krim malam selang seling, misalnya selama dua minggu pakai 2 hari sekali nanti dua minggu selanjutnya 3 hari sekali gitu seterusnya sampe dapat titik dimana pake cuma seminggu sekali.
Hasilnya wajah jadi agak minyakan, kusam dan yah..berkomedo, jerawat satu dua muncul itu normal lah ya , tapi gue tetap pakai krim pagi tiap hari cuma krim malam aja di kurangin.

3. Fokus berhenti krim pagi
Masuk ke titik dimana gue cuma pakai krim malam 3 hari sekali dan mulai ke krim pagi.Gue lakuin hal yang sama kayak pakai krim malam. Jadi disini barengan pengurangan krim malam dan pagi.
Hasilnya : Kusam, berminyak, ga secerah dulu, memerah, tapiiiii gue kaget kulit gue ga bereaksi berlebihan karna jerawat yang muncul ga separah sebelumnya gue berhenti.  Seneng banget pasti, tapi banyak juga temen yang nanya  
kok wajahnya jadi kayak banyak jerawat sihkok kayak kusem sihkok...kok...kok...
Dalam hati...
“Oh dude, lo gatau perjuangan gue seperti apa melepas semua krim ini, dan ini jauh lebih baik dari masa gue jerawatan dulu” 
Gue tetap berusaha buat percaya diri dan memang yang dibilang itu benar nyatanya tapi gue ga ambil pusing karna kondisi seperti ini bagian dari proses. 

4. Tetap cari pengganti krim dengan skincare Gue sempet kehabisan krim dokter dan itu pas lagi libur panjang. Bingung deh gue, akhirnya ga pake krim selama seminggu dan setelah cari info skincare, dan ketemulah produk-produk disini.
Akhirnya bisa ngerasain juga produk yang cocok sama kulit dan benar-benar udah lepas dari krim dokter :)

  
Produk Skincare pengganti krim :

1. Nature Republc
Awalnya dipake tiap pagi dan malam setiap hari, tapi setelah seminggu gue ngerasa kulit jadi kering solusinya dipake cuma 2 hari sekali di malam hari aja. Efeknya nenangin jerawat dan ngempesin jerawat serta beruntusan.

2. Facial wash Tea Tree TBS
Sebenernya udah pake dari pas kuliah cuma gue sempet galau pas berhenti krim itu ada jerawat nanah, gue kira karna ga cocok facial wash, tapi gak mungkin ya orang udah pake dari pas kuliah, jadi gue terusin aja sampe sekarang. Efeknya wajah terbebas dari minyak, tapi kalau dipake terlalu banyak bisa bikin kulit kering di kulit gue.

3. Corine de Farme
Karna kulit waktu itu kering, gue bingung banget cari pelembabnya apa, tapi tiap pakai micellar water ini kulit gue jadi lembab, kayak ga butuh pelembab lagi dan gue pakelah sampai satu botol habis.

Udah sih cuma 3 produk itu aja yang gue pake selama kurang lebih 2/ 3 bulan dan menurut gue lumayan ngebantu bikin wajah ga breakout parah selama proses lepas krim dokter.
Setelah gue yakin dan ada sinyal bisa bebas krim dokter, gue coba-coba lagi cobain produk travel kit Bioderma dan cocok di wajah gue.

TIPS : Cari produk pengganti yang bahannya ringan atau mengklaim non-comedogenic, free paraben, free alcohol (buat yang alergi), oil free dan sudah teruji secara dermatologist.

Jadi ini udah bulan ke-4 proses berhenti total dari krim dokter dan saat ini produk yang gue pake adalah :

1. Micellar water Bioderma Hydrabio (Dipakai kalau wajah terasa kotor atau habis dari tempat berpolusi)
2. Pelembab Bioderma (Dipakai setiap hari, karna tipe kulit gue kombinasi dan bisa kering banget di ruang berAC)
3. Sunscreen Heliatech (Kalau mau ke tempat outdoor)
4. Bedak Marcks yang pink
Cuma 4 produk itu aja yang hampir rutin, sisanya gue maskeran tiap malam.

Masker favorite :
1. Freeman Charcoal (Ini bagus parah buat kalian yang lagi jerawatan , kadang gue totolin ke spot jerawat aja karna cepet banget kempesin jerawatnya, gue pake juga buat ngescrub tiap seminggu sekali)
2. Nature Republic (Gue masih pake ini tapi sesekali aja, seminggu sekali biasanya atau pas lagi beruntusan)
3. Sheet Mask di Drug Store (Gue pake kalau kulit lagi kering )
4. St.Ives Oatmeal (Punya ini sebelum pake Freeman, bikin kulit halus tapi scrubnya kurang sih)

Kondisi kulit saat ini :
1. Jerawat udah jarang muncul paling kalau lagi datang bulan aja (masih normal ya)
2. Pasca panen jerawat, bekas jerawatnya lumayan banyak bikin dark spot, tapi udah agak memudar mungkin karna rutin maskeran juga.
3. Wajah gak sekusam waktu awal berhenti krim dokter, karna kulit kita sudah beregenarasi.
4. Ngerasa kulit lebih sehat. Sehat bukan berarti putih dan mulus yaa
Meskipun hasilnya masih belum semaksimal waktu pakai krim dokter tapi ngerasa bangga karna udah punya cara sendiri ngatasin masalah jerawat. Problemnya sekarang paling cara ngilangin dark spot sama ngecilin pori-pori, kalau ada yang tahu komen ya :)

So far segini sharing yang bisa gue kasih, gue berharap kalian yang punya problem sama tetap percaya diri dan berjuang cari-cari produk yang cocok dengan kulit kalian.
Intinya harus diniatin dan disiplin selama prosesnya. 

“Cantik itu ketika kamu tetap percaya diri dengan kondisi kulitmu” - DSY

0 comments:

Post a Comment

 

Dessyer Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea